Bocoran Terbaru! Cara Dapat Subsidi Motor Listrik 2023

Polresmojokerto.id – Seiring berjalannya waktu, Indonesia secara bertahap mengarahkan masyarakatnya untuk mulai menggunakan motor listrik sebagai upaya mendorong penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Berkat kebijakan baru yang diumumkan pemerintah, kini kamu dapat memperoleh motor listrik dengan biaya yang lebih terjangkau, yaitu melalui program subsidi motor listrik.

Salah satu benefit signifikan dari pembelian motor listrik saat ini adalah kesempatan untuk menerima bantuan berupa subsidi dari pemerintah. Program bantuan ini dijadwalkan dimulai pada tanggal 20 Maret 2023 dan akan berlangsung hingga akhir tahun.

Konsumen yang memenuhi kriteria untuk menerima subsidi, diberikan hak untuk membeli motor listrik dengan diskon mencapai Rp7 juta. Dengan demikian, harganya tentunya akan menjadi lebih affordable bagi banyak orang.

Syarat dalam Meraih Subsidi Motor Listrik

Syarat dalam Meraih Subsidi Motor Listrik

Program subsidi yang digagas oleh Pemerintah Indonesia menjadi sebuah sinar harapan bagi masyarakat untuk memiliki sepeda motor listrik. Secara spesifik, terdapat dua varian bantuan yang diberikan. Pertama, bantuan diperuntukkan bagi pembelian unit kendaraan yang baru. Kedua, bantuan dialokasikan bagi proses konversi motor berbahan bakar minyak ke motor listrik.

Di dalam skema program bantuan ini, diketahui bahwa pemerintah memberlakukan subsidi sebesar Rp7 juta untuk pembelian sepeda motor listrik. Tentunya, ada syarat dan ketentuan yang berlaku yang harus dipenuhi oleh masyarakat untuk bisa menerima subsidi tersebut.

Menarik untuk disimak, program ini tidak sembarangan ditujukan kepada semua masyarakat. Hanya mereka yang memenuhi persyaratan dan kriteria yang telah ditetapkan oleh pemerintah yang dapat mengakses bantuan ini. Di bawah ini, syarat-syarat tersebut akan dijelaskan secara lebih rinci.

Sebelum beranjak lebih jauh, perlu untuk kamu pahami bahwa program ini diimplementasikan dengan tujuan mendukung penggunaan energi terbarukan serta efisiensi energi. Dengan demikian, kalian yang berminat untuk mendapatkan subsidi ini, perlu memahami dan mematuhi seluruh syarat yang telah ditetapkan.

Syarat Subsidi Motor Listrik untuk Kendaraan Baru

Program subsidi motor listrik telah dirancang untuk masyarakat yang berkeinginan memiliki sepeda motor listrik dari merek terpilih, seperti Volta, Gesits, dan Selis. Berikut persyaratan utama untuk mendapatkan subsidi ini:

  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Prioritas diberikan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), terutama penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR).
  • Merupakan penerima Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).
  • Menjadi pelanggan listrik dengan daya antara 450 hingga 900 VA.

Dengan memenuhi persyaratan tersebut, kalian bukan hanya berpotensi mendapatkan subsidi untuk pembelian motor listrik, tapi juga berkontribusi pada pengurangan emisi gas rumah kaca.

Syaratan untuk Menerima Subsidi Konversi Motor Listrik

Inisiatif pemerintah dalam menyubsidi konversi motor berbahan bakar minyak (BBM) ke motor listrik membuka peluang bagi pemilik kendaraan. Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus dipatuhi:

  • Motor yang layak dikonversi dan menerima subsidi harus memiliki kapasitas mesin 110 cc sampai 150 cc.
  • Hanya diperbolehkan konversi satu unit motor per kepemilikan.
  • Konversi harus dilakukan di bengkel yang telah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Perhubungan.
  • Pemilik kendaraan harus memiliki dokumen kendaraan yang lengkap dan aktif, termasuk STNK dan KTP.
  • Nama pemilik kendaraan pada STNK harus sesuai dengan nama di KTP.

Pematuhan terhadap kriteria ini akan membantu dalam mencapai visi pemerintah untuk meningkatkan penggunaan kendaraan listrik.

Proses Pengajuan Subsidi Motor Listrik

Menyadari syarat dan ketentuan yang telah disebutkan oleh Jaka? Jika kalian merasa memenuhi syarat tersebut, proses berikutnya adalah segera melakukan pembelian motor listrik yang telah mendapat subsidi.

Mengenai cara meraih penawaran harga subsidi untuk motor listrik di tahun 2023, terdapat beberapa alternatif yang bisa kalian jalankan. Opini pertama adalah dengan mengunjungi situs resmi dari produsen motor listrik seperti Gesits, Volta, atau Selis. Selain itu, alternatif lainnya adalah dengan mengunjungi dealer dari masing-masing pabrikan secara langsung.

Dealer kemudian akan melakukan pemeriksaan KTP dari calon pembeli. Proses ini diperlukan untuk memastikan kelayakan calon pembeli dalam mendapatkan bantuan. Jika sudah dinyatakan layak, penurunan harga sebesar Rp7 juta akan langsung diberlakukan di tempat.

Selain metode-metode di atas, proses pembelian motor listrik dengan mendapatkan subsidi juga bisa dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile. Menariknya, aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam pengajuan subsidi, cukup dengan beberapa klik di smartphone kalian.

Cara Membeli Motor Listrik Melalui Aplikasi PLN Mobile

Cara Membeli Motor Listrik Melalui Aplikasi PLN Mobile

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan, adopsi kendaraan listrik kini semakin marak. Salah satu produk kendaraan listrik yang tengah populer adalah motor listrik. Melalui aplikasi PLN Mobile, kalian dapat dengan mudah membeli motor listrik dari berbagai merek ternama, seperti Selis, Gesits, dan Volta. Untuk memfasilitasi proses ini, berikut disajikan beberapa langkah yang dapat diikuti:

  • Mulai dengan membuka aplikasi PLN Mobile.
  • Navigasikan menuju Marketplace > Electric Vehicle.
  • Pilih model motor listrik yang sesuai dengan preferensi kamu.
  • Klik tombol “Pesan Sekarang”.
  • Untuk pengguna baru, isi alamat pengiriman yang diinginkan.
  • Pilih opsi “Pengiriman oleh Seller” untuk kurir pengiriman.
  • Pesanan akan diverifikasi.
  • Kemudian, lanjutkan ke kanal pembayaran.
  • Lakukan pembayaran sesuai hasil verifikasi.
  • Setelah pembayaran, pesanan akan dikonfirmasi dan menunggu pengiriman.

Dibutuhkan disini untuk mencatat bahwa pemerintah telah menetapkan program subsidi sebesar Rp7 juta per unit untuk pembelian motor listrik. Program ini dimulai pada tanggal 20 Maret 2023 dan berlangsung hingga Desember 2023. Ini adalah insentif besar bagi mereka yang ingin melakukan switch ke kendaraan listrik.

Menurut pengumuman pemerintah, subsidi ini hanya tersedia untuk lima model dari tiga merek sepeda motor listrik, yaitu Gesits, Volta, dan Selis, dengan syarat mereka telah memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal 40 persen.

Sebagai tambahan, pemerintah juga menetapkan kuota pembelian motor listrik baru sebanyak 200 ribu unit. Produsen dilarang untuk menaikkan harga motor listrik selama mereka masih menerima subsidi dari pemerintah.

Demikianlah panduan sederhana dalam membeli motor listrik melalui aplikasi PLN Mobile. Semoga dengan panduan ini, proses pembelian motor listrik menjadi lebih mudah dan efisien.